Senin, 31 Maret 2008

"CHERY" Intens Lawan Imej Negatif

Intens Lawan Imej Negatif

ImagePRODUK buatan China acap dipandang negatif.Di dunia otomotif,fenomena tersebut dipicu buruknya kualitas motor China (mocin),yang tak mampu membangun imej menawan.

Berkaca dari hal ini, Chery Indomobil (CI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Chery di Indonesia, merasa perlu mencurahkan konsentrasi membangun imej. Agar tak terbawa arus imej negatif itu, CI melakukan langkah-langkah positif demi sebuah kepercayaan. Salah satunya dengan menggandeng nama Indomobil di berbagai kesempatan.

”Sepak terjang Indomobil dalam dunia otomotif Indonesia tak perlu diragukan,dan Chery memang milik Indomobil,” terang Tan Kim Piauw,CEO Chery Incomobil. Langkah selanjutnya, Chery memperkuat aftersales service di berbagai daerah.Dengan adanya jaminan aftersales service, diharapkan masyarakat tak takut lagi membeli mobil buatan China.

Bahkan, CI berani memberikan warranty tiga tahun atau 100 ribu km di setiap produknya. Sekali lagi, imej itu diperkuat dengan jaminan suku cadang yang selalu siap.Buktinya, program one day service part off free.Artinya,jika customer melakukan servis, kemudian suku cadang yang dibutuhkan tidak terpenuhi dalam sehari, maka biaya suku cadang dan servis digratiskan.

”Kami sangat yakin dengan program ini karena Chery sudah dirakit di Indonesia. Bahkan, kami melakukan ekspor ke Malaysia. Kalaupun suku cadang tak terpenuhi di bengkel, kami bisa langsung mengambilnya di pabrik,” ujar Tan Kim Piauw. Tan mengaku, di Indonesia, Chery tak hanya mengejar volume penjualan. Fokus utama tetap membangun imej.

Meski demikian, sejak kehadirannya di Indonesia 1,5 tahun lalu, Chery QQ sudah terjual 1.300 unit secara nasional. Bersaing di kelas city car bersama Hyundai Atoz, Kia Picanto, Chevrolet Spark, dan Suzuki Karimun, Chery QQ sudah meraih market share 10 % selama 2007.

”Dengan penjualan sebanyak itu, QQ sudah mulai menemukan imejnya. Kami akan terus berpromosi mendekatkan diri lewat berbagai pameran,”kata Tan. Selain menawarkan garansi dari produk-produknya, Chery mempunyai kelebihan lain, yaitu murah. Satu unit Chery QQ dilempar dengan harga Rp75,9 juta untuk tipe standar. Yang paling mahal untuk tipe QX ”hanya” Rp80,2 juta OTR Jabodetabek.

Sold Out di Tahap Pertama

Satu lagi andalan Chery untuk merebut hati masyarakat Indonesia. Di Indonesian Motor Show tahun lalu, Chery memperkenalkan Tiggo, sport utility vehicle (SUV) murah berteknologi canggih. Luar biasa. Sambutan yang diterima Tiggo saat itu membuat Chery kewalahan menerima inden.

Buktinya, 100 unit pertama Tiggo yang dikirim ke Indonesia habis terjual.Padahal,Tiggo baru bisa dikirim akhir Januari lalu, sementara Indonesia Motor Showdiselenggarakan pertengahan tahun lalu. ”Sampai sekarang, 100 Tiggo pertama itu sudah kami deliver ke pemesan,” ujar Herman Kartawidjaya, Area Manager CI Sunter. Wa j a r jika Chery Tiggo banyak peminat.

Sebab, mobil 2000 cc ini punya dua kelebihan utama. Pertama,Tiggo mempunyai desain tak kalah sportydan menawan dibandingkan kompetitornya. Teknologi dan kedahsyatan dapur pacu sudah diuji dalam beberapa kali test drive. Chery Tiggo mempunyai penggerak roda depan,berbeda dengan para kompetitor.

Dengan penggerak roda di depan, akselerasi diharapkan mampu lebih cepat dibanding penggerak roda belakang yang mempunyai kapasitas mendorong, bukan menarik seperti roda depan. Kelebihan utamanya adalah harga yang jauh lebih murah dibanding kompetitor. Bedanya bisa lebih dari Rp50–70 juta.Tiggo dibanderol Rp147,5 juta. Sementara para kompetitor rata-rata dihargai lebih dari Rp 200 juta! Tiggo akan bersaing dengan Nissan X-Trail, Kia Sportage, Hyundai Tucson, Honda CR-V, dan Suzuki Grand Vitara.

Mesin Chery adalah produk Chery sendiri, tidak mengadopsi mesin produksi pabrikan lain. Mesin- mesin itu sudah diakui dunia internasional dengan meraih penghargaan ISO 9001, ISO TS 16949. ”Mesin Chery bahkan sudah dipesan Fiat 100 ribu unit.Ini bukti bahwa mesin Chery sudah berstandar otomotif dunia,”kata Tan. (donny apriliananda)

Tidak ada komentar: