Senin, 31 Maret 2008

Kini SUV Cina "Chery TIGGO" di Makassar

Jumat, 08-02-2008
Kini SUV Cina di Makassar
Megahputera Pasarkan Chery Tiggo
Makassar, Tribun - Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) di Makassar cukup menjanjikan. Itulah sebabnya, PT Megahputera Perkasa (MpP), main dealer Chery, tak canggung mendatangkan Chery Tiggo.
"Tiggo sudah mulai kita pasarkan dan beberapa unit telah terjual," kata Sales MpP, A Faisal, di Makassar, Kamis (7/2). Peminat Tiggo tidak hanya dari Makassar tapi juga dari daerah lain, seperti Kota Palopo.
Bahkan, peminatnya tersebar di berbagai kota seperti Mamuju (Sulawesi Barat), Kendari (Sulawesi Tenggara), dan Palu (Sulawesi Tengah). "Stok kami sekarang tinggal satu. baru-baru ini dua unit telah terjual," katanya.
Seperti produk Cina lainnya, banderol Tiggo juga terbilang murah Rp 155 juta. Padahal, jantung mekanisnya 2.000 CC empat silinder segaris double overhead chamshaf (DOHC) 16 valve. Bandingkan SUV lain yang bermesin 2.000 CC, harganya di atas Rp 200 juta.
Bahkan, harganya sejajar dengan mobil SUV yang bermesin 1.500 CC seperti Daihatsu Terios Rp 139,2 juta-Rp 186,4 juta dan Toyota Rush Rp 169,5 juta-Rp 193,7 juta. Rush dan Terios merupakan pesaing Tiggo karena memasuki segmen pasar yang sama, yaitu SUV medium.
Dari sisi desain eksterior, kendati desainer Cina telah berupaya menunjukkan kematangannya dalam merancang mobil, tapi masih tetap menyisahkan hasil comotan desain mobil yang telah ada.
Jika melihat wajah depan mobil asal Tirai Bambu ini, mirip dengan mobil asal Korea, Kia Sorento. Sedangkan bokongnya, mempunyai kemiripan dengan Toyota RAV4 dan Honda CR-V generasi pertama.

Kenyamanan dan Keselamatan Bersaing

TIGGO dirilis di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta Juli 2007, namun baru sekarang dipasarkan ke Makasar. SUV yang berdimensi panjang 4.285 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.705 mm meramaikan SUV medium.
Dari sisi fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan juga bersaing, bahkan melebihi pesaingnya. Misalnya, Tiggo dilengkapi sistem pengereman lengkap antilock braking system (ABS) yang mencegah roda mengunci pada pengereman mendadak, electronic brake force distribution (EBD) dan brake assist (BA) sehingga fungsi pengereman lebih optimal.
Fitu-fitur kenyamanan lengkap, seperti power steering, front & rear electric windows, central door locking, electrically adjustable outside mirrors, front seat heater, AC, tilt steering, car audio, dan speaker.
Bagasi besar dan kursi lima unit yang dapat diatur posisinya, bahkan dapat dicabut jika membutuhkan ruang bagasi yang lebih. Interior juga dilengkapi beberapa tempat penyimpanan, seperti center console box, sunglasses holder, dan door trim pocket.

Tidak ada komentar: