Senin, 22 Oktober 2007

Chery QQ Dipasarkan di Indonesia

Chery QQ Mulai Dipasarkan di Indonesia
(14 Sep 2006, 540 x , Komentar)

BANDUNG – Persaingan pasar city car di Indonesia bakal makin sengit. Kemarin, Indomobil Group melalui anak perusahaannya PT Unicor Prima Motor, memperkenalkan varian baru city car, Chery QQ. Mobil tersebut diproduksi perusahaan otomotif asal Tiongkok, Chery Automobile Co. Ltd.Meski di pasar city car Indonesia telah dijejali banyak pemain lama, Chery QQ yakin bisa bersaing. Dengan konsep city car murah, bermutu, hemat bahan bakar, dan gesit menaklukkan kemacetan, Chery QQ diyakini akan menjadi pilihan kaum muda untuk menunjang mobilitas mereka. Pemasaran perdana akan dimulai pada 18 September nanti di Jakarta, kota-kota besar lainnya akan segera menyusul.

’’Sejauh ini harga city car di Indonesia berada pada kisaran Rp100 juta-an. Dengan harga yang lebih murah, kualitas dan layanan purna jual yang bagus kami yakin Chery QQ bisa bersaing,’’ kata Gunadi Sndhuwinata, President Director Indomobil dalam peluncuran Chery QQ di Bandung, Rabu 13 September.

Tipe Standar Chery QQ dijual seharga 67 juta (off the road). Tipe Lux seharga Rp70 juta (off the road). Tipe Lux sudah dilengkapi dengan power windows, power steering, electric mirror, serta kelengkapan lainnya.

Kendala psikologis produk otomotif Tiongkok menjadi tantangan terbesar bagi Indomobil untuk memasarkan Chery QQ. Motor Tiongkok yang sebelumnya telah menyerbu Indonesia, dikenal sebagai motor yang mudah rusak.

Namun, dengan nama besar dan kredibiltas Indomobil dalam industri otomotif selama lebih dari 30 tahun, kendala psikologis tersebut diyakini bakal teratasi. Apalagi, pemerintah Tiongkok memang memberikan aturan yang berbeda dalam ekspor mobil dan motor. Pemerintah Tiongkok menerapkan aturan yang jauh lebih ketat untuk ekspor mobil sehingga pihak produsen tidak bisa sembarangan menjual produknya jika kualitasnya kurang bagus.

’’Kami telah menyiapkan jaringan sales, spareparts, dan service, yang didukung personel-personel yang berpengalaman serta kompeten dalam melayani konsumen secara utuh,’’ kata Jasuk Kertowidjojo, Vice President Director Indomobil.

Chery QQ diharapkan menjadi pondasi kerja sama strategis Indomobil dengan Chery Automobile Co. Ltd. Ke depan. Kerja sama itu diharapkan akan meningkatkan posisi Indonesia dalam pasar otomotif Asia. kedua belah pihak bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor Chery ke negara-negara ASEAN bahkan Asia.

Chery QQ masuk ke Indonesia dalam kondisi CKD (completely knock down). Tidak hanya itu, Chery QQ yang diperkenalkan kemarin sudah mengandung muatan lokal sebanyak 15 persen. Muatan lokal itu dalam sembilan bulan ke depan diharapkan akan meningkat dua kali lipat.

Tidak mau kalah dengan pelaku lama, Chery QQ berani memberikan garansi mesin 100 ribu km/ 3 tahun. Dalam peluncuran kemarin, Chery QQ dipacu dari Jakarta menuju Bandung dengan kecepatan maksimal sampai 150 km per jam. Dengan mesin DOHC berkapasitas 812 cc, Chery QQ mampu melibas tanjakan kota Bandung. Satu liter bensin, bisa mengantarkan Chery QQ melibas lintasan sejauh 25 km.

’’Chery QQ juga sangat memperhatikan kenyamanan. Suspensi depan menggunakan McPherson, yang akan meredam kejutan akibat medan berat yang banyak terjadi di jalanan di Indonesia,’’ kata Jasuk.

Chery QQ juga mobil yang ramah lingkungan. Standar emisinya telah sesuai dengan Euro 2. Itu adalah standar emisi yang harus dipatuhi semua mobil baru yang dipasarkan di Indonesia mulai 1 Januari 2007 mendatang.

’’Chery QQ adalah pilihan produk berkualitas dengan dukungan layanan purnajual yang memenuhi kepuasan konsumen. Itu akan mempermudah kami memperoleh kepercayaan konsumen dan pada akhirnya meningkatkan brand awareness Chery di Indonesia,’’ pungkas Jasuk.

Tidak ada komentar: