Senin, 22 Oktober 2007

Indomobil eskpor Chery QQ ke Malaysia

Kamis, 15/02/2007 16:58 WIB
Indomobil eskpor Chery QQ ke Malaysia
oleh : Ahmad Muhibuddin

JAKARTA: Indomobil Group melalui anak perusahaannya PT Unicor Prima Motor sedang berancang-ancang mengekspor Chery QQ ke Malaysia yang ditargetkan terealisasi pada April.

Presiden Direktur Indomobil Group Gunadi Sinduwinata mengatakan perseroan telah dipercaya oleh Chery Automobile Co (prinsipal Chery di China) sebagai basis produksi untuk Chery QQ dengan kemudi kanan. Sebagai tindak lanjut, dalam waktu dekat pihaknya akan merealisasikan ekspor mobil berkapasitas 800 cc ini ke Malaysia.

Dengan menjadi basis produksi Chery QQ stir kanan, Indomobil berharap dapat menggandeng sebanyak mungkin pemasok komponen di dalam negeri untuk terlibat dalam perakitan mobil kota ini.

"Jika pasar Chery QQ berkembang, baik di dalam maupun luar negeri, secara otomatis akan semakin besar produsen komponen local yang akan kami libatkan. Ini memang sudah menjadi komitmen kami," katanya hari ini.

Direktur PT Unicor Prima Motor Bambang Subijanto mengungkapkan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan berbagai persyaratan terkait dengan rencana mengekspor Chery QQ, termasuk izin ekspor dari pemerintah Indonesia dan izin impor yang dibutuhkan oleh mitranya di negeri jiran.

Sebagai agen tunggal sekaligus perakit Chery QQ, PT Unicor Prima Motor berencana mengekspor sekitar 200 unit-300 unit per bulan ke Malaysia. "Kami harapkan semua persyaratan segera dapat diselesaikan sehingga April atau Mei, ekspor Chery QQ ke Malaysia bisa dilaksanakan."

Chief Executive Officer PT Unicor Prima Motor Tan Kim Piauw menambahkan dengan penambahan ekspor Chery QQ ke Malaysia, volume perakitan kendaraan ini di Indonesia diperkirakan akan membesar menjadi sekitar 500 unit sebulan.

Perakitan mobil kota yang baru diluncurkan di Indonesia semester II tahun lalu dilakukan di fasilitas perakitan PT National Assembler yang berlokasi di Jakarta. Volumenya saat ini sekitar 100 unit per bulan untuk memenuhi permintaan dari pasar domestik.

Dia menambahkan untuk memperkuat penetrasi Chery QQ di pasar otomotif lokal, pihaknya akan menambah jaringan penjualan dan pelayanan di beberapa kota di Indonesia yang diharapkan sampai akhir 2007 dapat mencapai 23 gerai.

"Saat ini baru ada delapan gerai dan diharapkan akhir Februari dapat 12 gerai sementara totalnya sampai akhir tahun kami targetkan 23 gerai. Semuanya sudah 3 [sales, service, dan spare part]," tambahnya. (ln)

Tidak ada komentar: