Senin, 22 Oktober 2007

Pasar Picanto dirontokkan pendatang baru Chery QQ

DETAIL BERITA




Makassar, Tribun -- Pesaing utama Karimun di kelas city car low adalah Kia Picanto. Munculnya Karimun Estilo, membuat pihak Kia cepat-cepat bertindak untuk merevisi Picanto yang dipasarkan sejak 2004.
Momen Indonesia International Motor Show ke-15 di Jakarta Convention Center (JCC), 19-28 Juli 2007 menjadi ajang bagi Kia mengkampanyekan generasi terbaru Picanto, yaitu New Picanto. Sedangkan di Makassar New Picanto akan diluncurkan pertengahan September 2007.
Secara umum desain eksteriornya tidak banyak mengalami perubahan alias hanya facelift. Menurut Sales Supervisor main dealer Kia area Sulawesi, PT Intim Utama Mobil (IUM), Surachman Yaras, di Makassar, Selasa (28/8), perubahan eksterior memang tidak banyak, kecuali pada lampu depan dan sektor interior.
Interior semakin mewah. Namun, ciri khas warna terang masih tetap menyelimuti eksteriornya, yang mengisyaratkan bahwa Picanto menyasar segmen pasar anak muda. "Desain tetap fun and exciting sebagaimana tema Cosmo Car, yang diusung," katanya.
Tema ini juga, katanya, menggambarkan citra muda dan modern (young and modern). "Tapi, New Picanto harganya lebih murah dengan pendahulunya. Bahkan, ada yang dibanderol Rp 90 jutaan," katanya.
Itu berarti bahwa New Picanto siap berkompetisi dengan Karimun Estilo yang juga main di harga Rp 90 jutaan. Estilo diluncurkan di Makassar April 2007. Pesaing lainnya, Chevrolet Spark. Atau Chery QQ yang dibanderol Rp 70 jutaan
Mengapa lebih murah? Surachman mengatakan bahwa New Picanto itu telah diproduksi di pabrikan Kia di Sunter, Jakarta Utara. Nantinya, kendaraan ini ada empat varian. Sebelumnya, lima varian, yaitu standar, Opt manual, Opt plus manual, Opt metik, dan Opt plus metik dengan harga Rp 106,5 juta-129,85 juta.
Dia menambahkan, selain menghadirkan varian barunya, IUM juga akan menggelar lomba irit Picanto. Rute yang akan dilalui Makassar-Barru. "Rencananya setelah ke Barru, akan keliling kota, sehingga ada perbandingan komsumsi bahan bakar Picanto dalam dan luar kota," ujarnya.
Lomba irit BBM ini rencananya akan dilaksanakan Oktober atau November mendatang. "Pokoknya usai lebaran. Awalnya, bulan September ini. Namun, kayaknya waktunya sangat pendek karena mendekati bulan puasa," ungkapnya.

Pasarnya Kecil
DIBANDING kelas lainnya, seperti multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), dan city car medium, pasar city car low masih tergolong kecil. Penyumbang terbesar adalah Karimun dan Picanto.
Versi Samsat Makassar Januari-Juli 2007, pasar city car low di Makassar hanya 26 unit atau dengan pangsa pasar 0,6 persen dari total market 4.405 unit. Tahun 2006, marketnya 43 unit atau pangsa pasarnya hanya 0,8 persen.
Sedangkan jika merunut pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juli 2007, produksi Picanto 413 unit. Sedangkan pada periode yang sama tahun 2006, angka produksinya 696 unit.
Pasar Picanto dirontokkan pendatang baru Chery QQ. Total produksi Chery QQ sebanyak 528 unit. Sedangkan yang melejit adalah Estilo. Kendati dirilis April 2007, produksinya 3.572 unit. Sementara merek lainnya relatif kecil. Hyundai Atoz misalnya, 256 unit dan Spark 35 unit. (eki)

Tidak ada komentar: